Cara Membedakan Charger Xiaomi Asli dan Palsu - Miuiku

Cara Membedakan Charger Xiaomi Asli dan Palsu

Charger Xiaomi - Charger merupakan komponen pendukung yang sangat penting. Lalu bagaimana cara membedakan charger asli dan palsu khususnya untuk charger hp xiaomi ?. Karena seiring dengan meningkatnya pengguna merk hp meningkat juga munculnya barang-barang palsu dari produk hp tersebut.

Hal ini, disebabkan banyak pihak yang ingin mengambil untung lebih dari aksesoris pendukung suatu merk. Pada artikel sebelumnya xiaomiku juga pernah membahas mengenai cara mengecek keaslian xiaomi piston. Dari hal tersebut dapat dilihat bahwa bukan charger saja yang ada palsunya tapi juga headset.
cara membedakan charger asli dan palsu xiaomi
cara membedakan charger asli dan palsu xiaomi
Jadi untuk kalian yang sedang mencari charger baru karena charger bawaan rusak atau hilang sebaiknya perhatikan cara-cara di artikel ini. Karena kualitas charger juga menentukan keawetan baterai dari xiaomi. Dengan charger asli membuat baterai kalia tetap awet, tidak mengembung, dan pastinya dari segi kualitas charger juga lebih baik. Untuk membedakan charger asli dan palsu, kalian dapat membandingkan beberapa hal dibawah ini:

5 Cara Membedakan Charger Xiaomi Asli dan Palsu dengan Benar

1. Pertama, Cek Serial Number Charger di Adaptor

Setiap produk asli pasti terdaftar dan memiliki Serial Number. Cek apakah di adaptor charger yang akan kalian beli terdapat Serial Numbernya. Dan apabila ada selanjutnya kalian tinggal melakukan pengecek di website resmi xiaomi. Untuk caranya silahkan mengikuti cara mengecek keaslian produk xiaomi. Berikut adalah letak serial number di adaptor charger xiaomi :
adaptor xiaomi dengan serial number
adaptor xiaomi dengan serial number

2. Kedua, Cek Perbedaan Kepala Charger Xiaomi Asli dan Palsu

kepala charger xiaomi asli dan palsu
Setelah melakukan pengecekan serial number. Kemudian kalian bisa mengecek kepala chargernya. 
Untuk ukuran antara kepala charger xiaomi asli dan palsu sebenarnya hampir sama. Namun, kalian bisa melihat perbedaan di bagian portnya, dimana kepala charger asli terlihat logam port USB Female sedangkan untuk charger xiaomi palsu tidak terlihat.

Kemudian untuk keterangkan pada charer xiaomi asli terlihat lebih rata ketebalan tulisan dan soft. Sedagkan untuk charger xiaomi palsu tulisan keterangan terihat tajam dan kurang rata pada ketebalan tulisan.

Kemudian untuk bagian bawah kepala charger, charger asli lebih rpat dengan lapisan luar yang tipis. Sedangkan untuk charger palsu agak sedikit renggang dan terlihat lebih tebal.

3. Ketiga, Cari Perbedaan pada Kabel USB

Kabel USB charger asl xiaomi sangat lemas ketika digulung dan dan tidak meninggalkan bekas gulungan. Sedangkan kabel USB charger xiaomi palsu sangat kaku dan saat digulung meninggalkan bekas gulungan.
kabel usb charger xiaomi asli dan palsu
kabel usb charger xiaomi asli dan palsu
Baca Juga:
Cara Membedakan Xiaomi Asli dan Palsu
Dan untuk panjang kabel sendiri, pada charger xiaomi asli umunya sekitar 1,2 meter atau 120cm. Sedangkan panjang kabel charger xiaomi palsu lebih pendek.

4. Keempat, Cek Perbedaan Ujung Port USB Charger

Yang keempat, kalian bisa mengecek perbedaan ujung port charger xiaomi. Biasanya untuk ujung port charger xiaomi asli ukurannya lebih besar. Sedangkan ujung port usb charger xaiomi palsu lebih kecil.
cara membedakan charger xiaomi asli dan palsu
cara membedakan charger xiaomi asli dan palsu

5. Kelima, Gunakan Bantuan Aplikasi Ampere

Yang kelima kita akan mengecek charger xiaomi asli atau palsu dengan bantuan aplikasi Ampere. Aplikasi ini akan menampilkan arus yang masuk saat kalian melakukan pengisian. Apabila kalian belum menginstall kalian bisa (Klik Disini untuk Unduh).
aplikasi ampere untuk mengecek keaslian charger xiaomi
Untuk menggunakannya cukup mudah. Kalian tinggal menjalankan aplikasi Ampere saat melakukan pengisian dengan charger kalian. Kemudian cek apakah tegangann dan arus yang masuk sama dengan keterangan pada adaptor charger xiaomi kalian.

Apabila tegangan dan arus sama dan tidak jauh berbeda kemungkinan charger yang kalian beli adalah original atau asli. Sedangkan apabila tegangan dan arus yang masuk berbeda terlalu jauh bisa dipastikan bahwa charger yang kalian beli adalah palsu alias KW.


Gimana sudah bisa kan membedakan antara charger xiaomi asli dan palsu ?. Ada baiknya kalian memang berhati-hati saat membeli charger hp xiaomi baru. Dan kami juga akan memberikan tips-tips yang bisa kalian lakukan selagi ingin membeli charger hp xiaomi baru:

Tips saat Membeli Charger Xiaomi 

1. Pertama, Jangan Tergiur Harga Murah

Seringkali faktor harga yang menjadi pertimbangan seseorang dalam membeli barang. Mimin dulu juga pernah mengalami karena tergiur harga yang murah ternyata charger yang dibeli bukan ori melainkan KW. Dan lebih parahnya lagi hanya bisa digunakan 2-3 bulan saja. 
tips membeli charger xiaomi asli
Baca Juga:
Tips Memilih Powerbank Xiaomi Asli atau Palsu
Pastikan kalian mengecek terlebih dahulu harga charger di website resmi xiaomi atau akun resmi olshop xiaomi di toko online seperti Lazada, Shopee dan lainnya. Bandingkan dengan harga chagrger xiaomi yang ingin kalian beli. Apabila selisih harganya jauh alangkah baiknya kalian pikir-pikir lagi.

Karena dengan harga yang murah tidak akan menjamin keawean charger dan smartphone kamu apalagi baterai hp kalian. Mungkin saja, dengan harga yang murah komponen pada charger tersebut terbilang kualitas rendah atau dibawah standart.

2. Beli di Toko Resmi atau Akun Olshop Resmi Xiaomi

Apabila kalian memang ingin mendapatkan charger asli, kalian bisa mendatangi outlet-outlet atau toko resmi yang menjual produk-produk xiaomi. Apabila kalian sulit menemukan outlet dan toko resmi xiaomi kalian bisa datang ke service center xiaomi. Kalian bisa melihatnya di daftar alamat service center xiaomi seluruh indonesia. Siapa tau mereka bisa membantu kalian.

Dan yang ingin membeli charger secara online alias males keluar rumah. Ada baiknya kalian cari terlebih dahulu akun resmi xiaomi di marketplace online seperti Lazada, Blibli, dan Shopee. Karena xiaomi sudah memiliki akun resmi di beberapa marketplace di Indonesia. Seperti waktu xiaomi mengadakan Flash Sale xiaomi redmi 5a. Mereka membuat akun official di marketplace Lazada. Kalian bisa tengok juga spesifikasi xiaomi redmi 5a lengkap.


Sekarang sudah tau kan mengenai perbedaan chager xiaomi asli dan palsu. Semoga dengan cara-cara dan tips-tips diatas dapat membantu kalian dalam membeli charger xiaomi asli. Jangan lupa bagikan artikel ini apabila menurut kalian bermanfaat juga untuk pengguna xiaomi lainnya. Sekian dari xiaomiku dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membedakan Charger Xiaomi Asli dan Palsu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel