5 Cara Membedakan Baterai Xiaomi Asli dan Palsu, Cek Sebelum Membeli ! - Miuiku

5 Cara Membedakan Baterai Xiaomi Asli dan Palsu, Cek Sebelum Membeli !

Baterai Xiaomi Asli dan Palsu - Baterai adalah salah satu komponen penting yang ada pada semua smartphone. Peran baterai pada sebuah smartphone adalah sebagai pemasok daya yang dibutuhkan smartphone, saking pentingnya peran baterai, smartphone tidak akan bisa hidup tanpa baterai.

Setiap baterai memiliki usia pakai, dalam artian baterai akan berkurang performanya apabila usia pakainya sudah habis, biasanya baterai yang sudah melewati usia pakai ditandai dengan baterai yang cepat habis atau disebut juga ngedrop.
cara membedakan baterai xiaomi asli dan palsu
cara membedakan baterai xiaomi asli dan palsu
Baca Juga:
Cara Membedakan Charger Xiaomi Asli dan Palsu
Pada saat itulah kalian harus mengganti baterai yang sudah ngedrop tersebut dengan baterai baru. Baterai pengganti harus berkualitas original dengan artian sama dengan baterai asli.

Apabila kalian menggunakan baterai palsu alias kw, smartphone kalian akan mengalami hal yang kurang mengenakkan yang bisa berdampak negatif apabila digunakan pada jangka waktu yang lama diantaranya.

Dampak Negatif Menggunakan Baterai Palsu/KW Xiaomi

  1. Membuat charger original cepat rusak karena baterai kw membuat kinerja charger lebih berat
  2. Merusak komponen dalam smartphone karena arus yang berasal dari baterai palsu tidak stabil 
  3. Smartphone xiaomi cepat panas karena baterai palsu cepat panas, lalu panas tersebut menyebar ke semua bagian smartphone
Melihat beberapa dampak negatif akibat penggunaan baterai kw tersebut, rasanya kalian tidak akan mau merusak smartphone gara-gara penggunaan baterai palsu yang harganya jauh lebih murah dibandingkan smartphone baru.

Saat ini banyak sekali baterai kw/palsu yang beredar di pasaran, biasanya baterai imitasi banyak yang meniru baterai pabrikan smartphone yang banyak penggunanya, salah satunya baterai palsu yang didesain mirip dengan baterai asli xiaomi.

Tentu ini akan sangat meresahkan, tapi tenang saja ada cara untuk membedakan baterai xiaomi asli dan yang palsu atau kw pastinya kalianperlu mencermati ciri-ciri baterai original xiaomi, lalu bedakan dengan baterai xiaomi lama yang kalian gunakan. Kira-kira bagaimana ciri baterai xiaomi yang asli? Simak terus jangan sampai ada yang terlewat ya.

Tips yang Dapat Dilakukan untuk Membedakan Baterai Xiaomi Asli dan Palsu/KW

1. Perhatikan Harganya Sebelum Membeli

Langkah pertama untuk membedakan baterai xiaomi kw dan ori yang perlu kalian lakukan adalah mencermati harganya. Bagaimana caranya? Dijaman serba moderen ini, kalian bisa browsing ke situs belanja online, disitu kalian bisa mencermati harga pasaran baterai xiaomi original. Kalian dapat mengecek harga sparepart xiaomi secara resmi di website ini.
cek harga resmi sparepart xiaomi
cek harga resmi sparepart xiaomi
Baterai xiaomi original biasanya dibanderol dengan harga diatas 100 ribu rupiah. Jangan pernah membeli baterai yang harganya dibawah harga patokan tersebut, karena sudah bisa dipastikan baterai murah tersebut kw atau imitasi.

2. Perhatikan Packing/Kemasan Baterai

packing baterai xiaomi resmi
packing baterai xiaomi resmi
Sebelum menuju kebagian lebih dalam perhatikan packing atau kemasan baterai tersebut. Umumnya packing baterai xiaomi didesain rapih yang enak dilihat. Apabila packing baterai kurang rapi atau amburadul bisa dipastikan baterai tersebut imitasi/kw.

3. Cek Fisik Baterai

Selanjutnya silahkan cek fisik baterai xiaomi yang hendak dibeli. Baterai xiaomi asli bagian luarnya berwarna oranye cerah mirip buah jeruk yang terlihat segar. Pastikan warna baterai xiaomi yang hendak dibeli berwarna oranye ya.
bentuk fisik baterai xiaomi original
bentuk fisik baterai xiaomi original
Lihat Juga:
Tips Memilih Powerbank Xiaomi Asli atau Palsu
Pastikan juga berat dari baterai, silahkan copot baterai lama dan bandingkan dengan baterai yang ingin dibeli, lalu rasakan perbandingan berat kedua baterai tersebut. Agar lebih akurat lagi kalian bisa menggunakan timbangan, biasanya baterai xiaomi original memiliki berat yang sama.

4. Perhatikan Nomor Serial Baterai Xiaomi

Langkah keempat ini adalah langkah paling akurat untuk menentukan original tidaknya baterai xiaomi. Silahkan bandingkan nomor seri yang terdapat pada baterai baru dan baterai lama yang kalian miliki. Kalian juga bisa membaca mengenai cara mengecek keaslian produk xiaomi.
cek serial number baterai xiaomi asli
cek serial number baterai xiaomi asli
Jangan senang jika nomor seri kedua baterai tersebut sama, pasalnya baterai original xiaomi memiliki nomor seri yang berbeda-beda tiap baterainya. Jika nomor seri baterai baru sama dengan baterai lama, sudah pasti baterai tersebut berkualitas kw, palsu atau imitasi.

Supaya lebih akurat lagi kalian tinggal menuju laman product authentication di situs resmi xiaomi, silahkan tulis lalu cek keaslian nomor seri baterai xiaomi yang hendak kalian beli. Cara ini merupakan cara paling akurat untuk memastikan baterai xiaomi tersebut original atau palsu 

5. Perhatikan Kapasitas Baterai

Langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah menyimak kapasitasnya. Setiap smartphone xiaomi sudah dilengkapi spesifikasi termasuk kapasitas baterainya, silahkan pastikan kapasitas baterai yang ingin kalian beli sesuai dengan spesifikasi standar dari xiaomi.
cek dan pastikan kapasitas baterai xiaomi sama
cek dan pastikan kapasitas baterai xiaomi sama
Apabila kapasitas baterai tersebut lebih kecil, urungkan niat untuk membeli baterai tersebut. Jangan terlalu tergiur dengan kapasitas baterai lebih besar atau dikenal dengan istilah baterai double power, karena sudah dipastikan baterai tersebut berkualitas kw atau imitasi.

Demikian cara membedakan baterai xiaomi yang asli dan palsu, silahkan cermati ciri-ciri baterai xiaomi original tersebut dengan baterai baru sebelum hendak membeli. Terimakasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa baca artikel mengenai xiaomi lainnya ya.
Loading...

5 Komentar untuk "5 Cara Membedakan Baterai Xiaomi Asli dan Palsu, Cek Sebelum Membeli !"

Rizky Adi Nugroho mengatakan...

Kok waktu dibongkar baterai Reno 3 pro saya kok bukan oranye ya? Jadi yg asli yg mana ni. Pas saya beli juga ga oranye

Admin Berbagi Ebook mengatakan...

Bos, ada link penjual yang terpercaya gak?

Unknown mengatakan...

99.99% di online jual baterai Xiaomi palsu semua. Jd sudah bangat cari yg benar2 ori

Kari Awan mengatakan...

beli di service center sudah pasti asli

Lathif Pradana mengatakan...

kalau di service center emang dijamin origina gan :D

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel