4 Cara Mudah Membedakan LCD Xiaomi Asli dan Palsu/KW - Miuiku

4 Cara Mudah Membedakan LCD Xiaomi Asli dan Palsu/KW


LCD Xiaomi Asli dan Palsu - LCD adalah salah satu bagian dari smartphone ini penting banget fungsinya, fungsi LCD adalah untuk menampilkan semua yang telah yang ada dalam smartphone. Coba bayangkan apabila tidak ada LCD pada smartphone? Jadi tidak terlihat apa-apa bukan?


Semua barang didunia ini pasti akan rusak pada waktunya sama halnya dengan LCD. LCD smartphone juga bisa rusak, biasanya kerusakan pada LCD smartphone diakibatkan benturan langsung dengan benda keras.
cara membdakan layar lcd xiaomi asli dan palsu
cara membedakan layar lcd xiaomi asli dan palsu
Karena terbentur benda keras, LCD bisa pecah dan mengalami kerusakan. Momen inilah yang memaksa sobat untuk membeli LCD baru sebagai pengganti LCD yang sudah rusak tersebut.

Dijaman serba moderen ini, untuk mendapatkan sparepart smartphone sangat mudah karena banyak sekali toko smartphone yang bisa ditemui. Tapi ada hal yang perlu sobat perhatikan ketika ingin membeli LCD smartphone baru karena banyak sekali LCD palsu / imitasi yang beredar dipasaran.

Umumnya para pecipta produk palsu memalsukan sparepart smartphone yang laku keras, xiaomi adalah salah satu pabrikan smartphone yang sparepartnya banyak dipalsukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Maka dari itu penting sekali untuk mengetahui mana LCD xiaomi yang asli dan mana LCD xiaomi yang palsu. Untuk mengetahui hal tersebut, sobat perlu membedakan ciri-ciri LCD xiaomi asli dan palsu dengan tepat, bagaimana caranya? Simak tatacaranya berikut

Cara Mudah Membedakan LCD Xiaomi Asli dan Palsu dengan Mudah

1. Perhatikan Harga

Cara menentukan palsu tidaknya LCD xiaomi pertama yang perlu sobat lakukan adalah memperhatikan harga. Harga LCD xiaomi asli mulai dari 200rb-an (tergantung tipe xiaomi), tergolong mahal namun sebanding dengan kualitasnya. 
cek harga lcd modul asli xiaomi
cek harga lcd modul asli xiaomi
Apabila sobat ditawari LCD xiaomi dibawah harga tersebut, sudah pasti LCD xiaomi tersebut palsu atau imitasi, apalagi selisihnya sangat jauh. Perlu dicatat harga pasaran LCD kw xiaomi berkisar dibawah 100 ribuan. Pihak xiaomi sendiri menyediakan pergantian LCD Modul dan harganya bisa cek di website ini.

Jangan tergiur dengan harga yang murah karena ada pepatah yang mengatakan 'ada harga, ada barang' yang berarti semakin mahal harganya semakin bagus kualitasnya, begitu juga sebaliknya semakin murah harganya, semakin jelek kualitasnya.

2. Cek Nomor Seri

Setiap produk xiaomi mulai dari smartphone, tv, drone maupun powerbank dilengkapi dengan nomor seri, begitu juga sparepart originalnya. Sobat bisa melihatnya dibagian packing LCD tersebut, silahkan cocokan dengan nomor LCD lama yang sobat gunakan. Untuk langkah lebih jelasnya kalian bisa baca cara cek keaslian produk xiaomi.
cek keaslian nomor seri xiaomi
cek keaslian nomor seri xiaomi
Apabila nomor seri kedua LCD tersebut berbeda sudah dipastikan LCD tersebut berkualitas original, namun apabila nomor serinya sama berarti LCD baru yang hendak pembaca beli tersebut kw.

Sama seperti cara mengecek baterai ori xiaomi, sobat juga bisa mengecek keaslian LCD xiaomi dengan cara mengecek nomor seri langsung di halaman product authentication dari situs web resmi xiaomi. 

3. Pastikan LCD Berwarna Hitam Pekat dalam kondisi mati

Sebelum terpasang, silahkan sobat pehatikan kondisi LCD tersebut. LCD imitasi atau kw biasanya berwarna lebih berwarna abu-abu agak  cerah dalam kondisi mati atau belum dipasang.
lcd berwarna hitam pekat
lcd berwarna hitam pekat
Sedangkan LCD asli dari xiaomi berwarna hitam pekat ketika dalam kondisi mati atau belum dipasang. Silahkan perhatikan, apabila berwarna hitam pekat berarti LCD tersebut original dari xiaomi, namun apabila berwarna lebih cerah sudah bisa dipastikan LCD tersebut berkualitas kw atau imitasi.

Baca Juga:
Cara Membedakan Charger Xiaomi Asli dan Palsu

4. Teliti Kejernihan Layar

Apabila LCD sudah terpasang pada smartphone xiaomi kesayangan kalian, silahkan untuk mencermati kejernihan layar tersebut. LCD xiaomi original memiliki kerapatan pixel sangat menentukan kejataman dan kejernihan warna.
cek kejernihan layar lcd xiaomi
cek kejernihan layar lcd xiaomi
Jadi jika LCD yang sobat gunakan memiliki cahaya sangat terang dan juga sangat jernih, berarti LCD tersebut benar-benar original dari xiaomi. Namun apabila sebaliknya, sudah dipastikan LCD tersebut berkualitas abal-abal atau imitasi.

Itulah beberapa perbedaan antara LCD xiaomi asli dan imitasi/palsu yang sudah kita bahas kali ini. Harap berhati-hati ketika membeli LCD xiaomi karena banyak sekali oknum tidak bertanggung jawab yang membuat LCD imitasi.

Tentu saja saya yakin sobat tidak ingin menggunakan LCD palsu yang kualitasnya mengecewakan bukan? Biar teman-teman pembaca juga mengetahui cara membedakan LCD ori dan kw xiaomi, jangan lupa share ke media sosial ya. Terimakasih sudah membaca artikel ini, sampai jumpa.

1 Komentar untuk "4 Cara Mudah Membedakan LCD Xiaomi Asli dan Palsu/KW"

Unknown mengatakan...

Ad ciri lain lg gan?

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel