13 Penyebab dan Solusi Mengatasi Baterai Xiaomi Tidak Bisa Mengisi - Miuiku

13 Penyebab dan Solusi Mengatasi Baterai Xiaomi Tidak Bisa Mengisi

Baterai Xiaomi Tidak Bisa Mengisi - Baterai merupakan salah satu bagian penting pada smartphone. Pasti kalian bingung ketika harus mencari tahu bagaimana cara mengatasi baterai xiaomi yang tidak bisa mengisi.

Baterai merupakan komponen yang mesuplai daya listrik saat smartphone digunakan. Hal ini menjadi vital karena semua komponen smartphone dapat digunakan ketika ada daya baterai yang terisi. 

Permasalahan ini dapat terjadi pada pengguna xiaomi dengan berbagai tipe. Hal ini dapat terjadi karena faktor kerusakan sistem (software) ataupun perangkat (hardware).  Oleh sebab itu ketika kalian menemui permasalahan baterai xiaomi tidak bisa dicharge, harus dilakukan pengecekan berulang kali.
penyebab dan solusi baterai xiaomi tidak bisa mengisi
penyebab dan solusi baterai xiaomi tidak bisa mengisi
Hal ini untuk mengetahui bahwa kerusakan tersebut terjadi karena faktor apa. Oleh sebab itu, tim xiaomiku akan memaparkan beberapa penyebab dan solusi yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi baterai xiaomi yang tidak bisa mengisi ini.

Beberapa penyebab dan solusi ini dapat menjadi refrensi untuk memperbaiki permasalahan tersebut. Berikut adalah beberapa penyebab dan solusi ketika baterai ponsel xiaomi tidak bisa mengisi:

1. Pastikan Charger Kalian Dalam Keadaan Baik

Hal pertama yang harus kalian cek adalah charger yang digunakan untuk mengisi baterai ponsel. Pastikan bahwa kabel di charger tersebut tidak ada yang putus. Pastikan juga kepala charger dalam keadaan baik. 
pastikan charger xiaomi dalam keadaan normal
pastikan charger xiaomi dalam keadaan normal
Untuk mengecek apakah kabel dan kepala charger dalam keadaan normal. Silahkan kalian oinjam kabel dan charger teman kalian yang benar-benar masih normal, dan kemudian coba bandingkan dengan kabel dan kepala charger milik kalian.

Solusi: Apabila kabel charger atau kepala charger sudah rusak, silahkan beri charger baru. Kalau kalian merasa salah satu komponen masih bisa digunakan. Silahkan beli kabel usb atau kepala chargernya saja. 

2. Stop Kontak Dalam Keadaan Baik

Seringkali pengguna sudah bingung ketika mereka melakukan pengisian baterai namun tidak bisa. Sebelum melakukan pengecekan lebih dalam. Pastikan terlebih dahulu bahwa stop kontak yang kalian gunakan untuk pengecasan berjalan dengan baik.

Solusi: Pastikan stok kontak dapat digunakan dengan baik. 

3. Bersihkan Tembaga Emas pada Baterai Xiaomi

lapisan tembaga ponsel xiaomi kotor
lapisan tembaga ponsel xiaomi kotor
Terkadang tembaga emas yang terletak pada baterai kotor dapat mempengaruhi arus listrik yang mengalir dari baterai menuju ponsel xiaomi. 

Solusi: Silahkan lepaskan baterai xiaomi kalian dan bersihkan tembaga emas baik pada ponsel dan baterai. Kemudian kembalikan lagi baterai tersebut.

4. Layar Tetap Gelap Setelah Baterai Dicharge Lama

black screen xiaomi
black screen xiaomi
Seringkali pengguna xiaomi mengeluh ponsel mereka tetap gelap meskipu baterai sudah selesai dicharge dalam waktu yang lama. Hal ini merupakan kesalahan perangkat keras.

Solusi: Lepaskan baterai selama kurang lebih 15 detik, hal ini akan menyerap listik yang disimpan di dalam kapasitor dan menghentikan aliran listik ke seluruh perangkat karena pengecesan yang terlalu lama. Setelah itu kembalikan lagi baterai dan nyalakan kembali ponsel kalian.

5. Menjalankan Terlalu Banyak Aplikasi Background

Hal ini seringkali pengguna smartphone xiaomi lupakan. Pastikan setelah menggunakan aplikasi kalian tutup. Karena apabila aplikasi yang tidak digunakan tersebut kalian jalankan di aplikasi background (dalam jumlah yang banyak) dapat menganggu proses pengisian baterai.

Solusi: Selalu tutup aplikasi yang sudah tidak digunakan.

6. Charger Yang Tidak Sesuai

Ketika melakukan pengecesan pastikan bahwa charger tesebut untuk ponsel kalian. Karena saat ini banyak tipe smartphone android yang menggunakan charger tipe microUSB. Namun, harus diketahui bahwa tidak semua charger cocok dengan smartphone android xiaomi.

Solusi: Pastikan bahwa charger yang digunakan cocok untuk smartphone.

7. Kabel USB Abal-Abal

Seringkali tim xiaomiku mendapati banyak kabel USB yang dijual di konter hp dengan harga murah (sekitar 10rb-an). Seperti penyebab pada nomor 1, ketika salah satu komponen yang rusak (entah kepala charger atau kabel USB) kalian dapat menggantinya. 
kabel usb xiaomi original
kabel usb xiaomi original
Baca Juga:
#2 Cara Kalibrasi Baterai Android dengan Mudah
Walaupun dapat diganti pastikan kalian membeli kabel USB yang original. Karena hal tersebut dapat berpengaruh pada pengantar arus saat proses pengecesan. Jadi jangan asal ganti kabel USB, dan pastikan kualitasnya bagus.

Solusi: Silahkan beli kabel USB dengan kualitas yang bagus.

8. Kepala Charger Abal-Abal

Sama halnya dengan penyebab nomor 6, ketika kepala charger kalia yang rusak. Pastikan kalian mengganti dengan kepala charger yang kualitasnya sama seperti original.

Solusi: Silahkan beli kepala charger dengan kualitas bagus.

9. Port Kabel USB Kotor

Seringkali penggunaan kabel USB yang secara terus menerus menyebabkan terjadi masalah. Salah satunya adanya kotoran atau kerak yang masuk ke dalam port kabel USB. Jika hal tersebut terjadi, maka akan menghambat proses pengisian baterai ponsel xiaomi.

Solusi: Bersihkan port USB dengan sikat gigi (bekas) dan pastikan di dalam port tersebut tidak ada kotoran.

10. Berada di Daerah yang Susah Sinyal

Nah hal ini juga yang sering terjadi pada pengguna smartphone android. Ketika kita berada di daerah yang minim sinyal, proses pengisian baterai akan lebih lama. Karena smartphone akan bekerja lebih untuk mendapatkan sinyal. Hal ini akan berdampak pada konsumsi daya baterai yang lebih besar.

Solusi: Ketika kalian berada di daerah yang minim sinyal/jaringan, silahkan lakukan pengisian baterai dengan mengaktifkan mode pesawat.

11. Kesalahan Sistem MIUI

Kalau kalian mendapati smartphone xiaomi yang tidak bisa dicharge setelah proses upradge atau downgrade. Bisa dipastikan bahwa proses pengisian tidak bisa dilakukan karena kesalahan sistem.

Solusi: Lakukan proses flashing ulang dengan ROM MIUI bawaan milik xiaomi.

12. Konektor Smartphone Rusak

konektor charger xiaomi rusak salah satu penyebab baterai tidak bisa mengisi
konektor charger xiaomi rusak salah satu penyebab baterai tidak bisa mengisi
Konektor adalah perangkat yang harus juga dicek ketika kalian mengalami baterai yang tidak bisa dicas. Kalau kalian tidak mengetahui tentang hardware smartphone, silahkan kalian lakukan pengecekan di service smartphone.

Solusi: Kalau benar konektor mengalami masalah, silahkan ganti konektor smartphone xiaomi kalian.

13. Baterai Ponsel Xiaomi Rusak

baterai xiaomi rusak
baterai xiaomi rusak
Mungkin inilah yang terakhir harus kalian cek, yaitu baterai. Jika ke 13 penyebab diatas sudah kalian cek  (sumber charger) dan tidak mengalami masalah, bisa dipastikan bahwa yang rusak adalah baterai xiaomi kalian.

Solusi: Silahkan kalian ganti baterai smartphone xiaomi kalian.


Demikian adalah pembahasan mengenai cara mengatasi baterai xiaomi tidak bisa mengisi. Semoga dengan beberapa pemaparan penyebab dan solusi diatas dapat membantu teman-teman MiFans yang sedang mengalami permasalahan baterai xiaomi tidak bisa mengisi tersebut.

Apabila teman-teman masih bingung dengan artikel diatas, silahkan tulis pertanyaan di kolom komentar. Kami juga menerima saran dan pengalaman teman ketika mengalami permasalahan tersebut. Sekian dari tim xiaomiku dan terima kasih telah mensupport kami sampai sejauh ini.

Belum ada Komentar untuk "13 Penyebab dan Solusi Mengatasi Baterai Xiaomi Tidak Bisa Mengisi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel