Perbedaan Distributor, China, dan Global ROM Milik Xiaomi - Miuiku

Perbedaan Distributor, China, dan Global ROM Milik Xiaomi

Perbedaan ROM Xiaomi - Banyak pengguna Xiaomi masih bingung dengan perbedaan jenis ROM yang digunakan. Oleh sebab itu, kami akan membagikan seputar perbedaan yang dimiliki ROM Distributor, Global, dan China pada smartphone Xiaomi.

Sebelum kita ulas perbedaan masing-masing ROM Xiaomi. Kita akan bahas terlebih dahulu apa itu  ROM pada ponsel Xiaomi.
perbedaan distributor rom, china rom, dan global rom
perbedaan distributor rom, china rom, dan global rom
Perbedaan Distributor, China, dan Global ROM
ROM atau Read Only Memory adalah istilah untuk Sistem Operasi yang berbasis Android yang terpasang pada perangkat gadget tersebut. Untuk contoh ROM sendiri seperti MIUI, Cyanigend Mod, Touchqiz, XUI, dan lainnya.

Dan pada xiaomi sendiri memiliki 3 jenis ROM yaitu Distributor, Global, dan China. Lalu apa perbedaannya ? Berikut adalah perbedaan dari ketika jenis ROM tersebut :

1. Distributor ROM

Salah satu jenis ROM yang sangat tidak kami rekomendasikan untuk digunakan. Kenapa tidak kami rekomendasikan untuk digunakan oleh MiFans. Alasannya karena ROM ini bukanlah Official ROM dari pabrikan Xiaomi. 

ROM ini dibuat oleh masing-masing distributor atau supplier dari masing-masing Negara. Jadi banyak pengguna MiFans yang sering kesal apabila ketika membeli smartphone xiaomi dan mendapatkan ROM Distributor.

Selain tidak resmi, jenis ROM xiaomi ini banyak terdapat iklan dan banyak aplikasi bawaan yang tidak bisa terinstall dengan baik seperti Clean Master.

Distributor ROM juga tidak stabil saat digunakan dan ketika menggunakan ROM ini, kalian tidak akan mendapatkan pembaruan alias update. Karena ROM ini bukan Official ROM dan hanya dikembangkan sekali untuk smartphone tersebut.

ROM Distributor biasanya dimasukkan ke dalam ROM China kemudian pada versi MIUInya diganti dengan MIUI Global Stable. Agar para pengguna mengira bahwa mereka sudah menggunakan ROM Global Stable, padahal ROM China yang dioprek diganti ROM Global Stabil.

Ciri-ciri Distributor ROM  :

  • Pada kode MIUI mengandung kode CN (padahal untuk ROM China), namun pada pengaturan bahasa ada pilihan Bahasa Indonesia.
  • Pada versi MIUI di "Setting" --> "About" mengadung 4 titik.
  • Muncul iklan secara tiba-tiba saat ponsel digunakan.
  • Tidak ada update sama sekali.


2. China ROM

China ROM merupakan Official ROM dari brand Xiaomi. Jenis ROM ini sangat stabil dan lancar saat mengoperasikan ponsel Xiaomi. ROM ini sebanarnya digunakan untuk ponsel xiaomi yang dipasarkan di China. 

Karena ditujukan untuk pengguna xiaomi di China, ROM ini hanya memiliki 2 bahasa yaitu Inggris dan China. Selain itu, banyak aplikasi berbahasa China yang terinstall. Tapi tenang itu bisa kalian uninstall kok. Mungkin itu kekurangan dari jenis ROM ini.

Selain itu, pada China ROM kalian tidak akan menemukan aplikasi Google seperti Google Playstore, Google Play Game dan aplikasi lainnya. Jadi kalian harus menginstall aplikasi tersebut melalui website-website penyedia apk.

Ciri-ciri China ROM :

  • Hanya terdapat dua pilihan bahasa yaitu Inggris dan China.
  • Belum terisntall aplikasi Google Playstore dan aplikasi standar Google lainnya. 
  • Tersedia aplikasi Mi Store.
    miui version china rom
    miui version china rom
  • Pada kode versi MIUI di halaman "Settings"-->"About" mengandung 3 titik dan terdapat kode CN.


3. Global ROM

Jenis ROM Xiaomi yang dimiliki oleh Xiaomi. ROM ini diperuntukkan pengguna Xiaomi di seluruh dunia. ROM ini merupakan Official ROM yang dikeluarkan Xiaomi untuk penggunanya di seluruh dunia. 

ROM ini memiliki pengaturan bahasa yang ada di seluruh dunia. Selain itu, apabila kalian menggunakan Global ROM maka tidak akan menemui aplikasi berbahasa China.

Jadi apabila kalian menggunakan Global ROM kalian tidak perlu lagi menginstall aplikasi bawaan Google seperti Google Playstore, Google Play Game, Google Play Music, Youtube, dan aplikasi bawaan lainnya.

Tetapi kekurangan Global ROM adalah pilihan tema yang terbatas(tidak sebanyak China ROM), fitur Music dan Video yang hanya bisa offline, dan sering terlambat mendapatkan update.

Ciri-ciri Global ROM :

  • Terdapat banyak pilihan bahasa.
  • Sudah terinstall aplikasi bawaan Google.
    miui version global rom
    miui version global rom
  • Pada kode versi MIUI di halaman "Settings"-->"About" mengandung 3 titik dan terdapat kode "I".

Baca Juga:
Cara Restore Partisi "Persist" Xiaomi Mi Max 3

Perbedaan Distributor, China, dan Global ROM pada Xiaomi

Apabila kalian ingin melihat perbedaan ROM yang digunakan smartphone xiaomi berikut adalah ringkasan yang sudah dibuat oleh Tim Miuiku:

1. Aplikasi Bawaan 

Salah satu perbedaan dari ketiga jenis ROM xiaomi diatas adalah aplikasi bawaan yang terinstall. 

Apabila kalian menggunakan Distributor ROM, maka banyak aplikasi bawaan yang tidak bisa diinstall seperti Clean Master, DU Battery Saver dan lainnya.

Jika kalian menggunakan China ROM, banyak juga aplikasi bawaan Google yang tidak terinstall. Hal ini karena kebijakan negara China yang membatasi penggunaan aplikasi dari luar negara mereka. Sehingga China ROM didesain hanya menggunakan aplikasi yang diperbolehkan di negara tersebut. Selain itu, China ROM juga memiliki banyak aplikasi dengan bahasa China.

Sedangkan Global ROM, ini memang ditujukan untuk pengguna Xiaomi di seluruh dunia. Jika menggunakan Global ROM, kalian tidak perlu repot lagi menginstall aplikasi bawaan Google.

2. Versi MIUI

Untuk versi MIUI ROM yang kalian gunakan, dapat dilihat melalui "Setting"-->"About" dan disitu akan ada versi ROM kalian.
perbedaan versi miui distributor, china, global rom xiaomi
perbedaan versi miui distributor, china, global rom xiaomi
Untuk versi MIUI Distributor ROM kalian akan menemukan 5 digit angka atau lebih. Berikut adalah contoh versi MIUI untuk Distributor ROM:
  • V.7.2.1.0.0
  • V.7.5.2.0.0
  • V.7.9.9.9.99

Sedangkan untuk China ROM dan Global ROM kalian hanya akan menemukan 4 digit angka saja. Berikut adalah contoh versi MIUI untuk China dan Global ROM : 
  • V.7.2.3.0
  • V.7.2.5.0
  • V.8.0.1.0


3. Update ROM

Perbedaan yang ketiga adalah update ROM dari Xiaomi. Jika kalian menggunakan Distributor ROM, maka kalian tidak akan mendapatkan update.

Dan jika kalian menggunakan China ROM biasanya mendapatkan update 1 minggu lebih cepat dibandingkan dengan update ROM milik Global ROM.

4. Stabilitas 

Perbedaan yang keempat dari jenis ROM diatas adalah stabilitas. Stabilitas disini dimaksudkan adalah konsisten sistem saat ponsel digunakan.

Kami lebih merekomendasikan China dan Global ROM karena memiliki stabilitas sistem yang lebih baik dibandingkan dengan Distributor ROM.

5. Penggunaan Baterai

Untuk penggunaan baterai China dan Global ROM kami rasa lebih hemat. Karena banyak pengguna Distributor ROM yang melaporkan bahwa penggunaan baterai mereka menjadi boros walaupun aplikasi mereka sudah ditutup.

6. Keamanan

Dalam hal keamanan pastinya China dan Global ROM lebih baik karena kedua jenis ROM tersebut merupakan Official ROM. Sedangkan Distributor ROM pasti memiliki tingkat keamanan yang kami rasa kurang. Hal ini dikarenakan Distributor ROM dikembangkan oleh supplier dari tipe ponsel xiaomi yang mereka pasarkan.

Lihat Juga:
[KUMPULAN] Official MIUI ROM Xiaomi Mi Max 3

Tips Menggunakan ROM Xiaomi

Dari pembahasan diatas, dapat Tim Miuiku simpulkan bahwa China dan Global ROM yang lebih baik digunakan dibandingkan dengan Distributor ROM. Banyak faktor yang membuat kami merekomendasikan kedua jenis ROM tersebut. 

Dan jika kalian memilih menggunakan China ROM dibandingkan dengan Global ROM kami sarankan untuk menginstall aplikias bawaan Google. Hal ini akan sangat membantu kalian. 


Demikian adalah artikel mengenai perbedaan distributor, china, dan global rom xiaomi. Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat untuk MiFans. Jangan lupa share artikel ini ke orang lain juga agar lebih bermanfaat. Apabila kalian mempunyao komentar mengenai tulisan diatas. Silahkan tulis di kolom komentar bawah ya. Sekian dan terima kasih, salam MiFans.
Loading...

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Distributor, China, dan Global ROM Milik Xiaomi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel