13 Cara Charge HP Xiaomi yang Benar - Miuiku

13 Cara Charge HP Xiaomi yang Benar

Charger Xiaomi yang Benar - Tips dan trik untuk xiaomi pada kesempatan kali ini adalah cara charger hp xiaomi yang benar. Kami membuat tips dan trik ini karena banyak dari MiFans yang takut apakah proses charger mereka sudah benar atau malah membuat baterai cepat rusak.
Proses charger sendiri merupakan salah satu proses yang dapat membuat usia baterai hp menjadi awet dan tahan lama. Di artikel sebelumnya, kami juga sempat membahas mengenai dampak proses charger semalaman.

Seperti yang kami utarakan diatas, proses charge dapat menentukan usia baterai. Baterai di dalam smartphone sendiri merupakan komponen vital. Karena semua komponen smartphone membutuhkan daya dari baterai untuk dapat digunakan. 
cara charger xiaomi yang benar
cara charger xiaomi yang benar
Selain itu, baterai dengan kapasitas besar akan dapat digunakan lebih lama. Dan saat ini tidak sedikit pengguna xiaomi yang memiliki xiaomi dengan baterai besar karena penggunaan smartphone yang lebih lama.

Karena proses charger dapat menentukan ketahan baterai maka untuk MiFans harus tahu bagaiamana cara charger smartphone yang benar. Tips ini dapat digunakan untuk semua brand smartphone dan tidak harus xiaomi seperti Apple, Samsung, Oppo, Vivo, Blackberry, dan lain sebagainya. 

Tidak usah berlama-lama, berikut adalah cara melakukan charger hp xiaomi yang benar sesuai versi Miuiku :

Inilah Daftar 13 Cara Charge HP Xiaomi yang Benar

1. Usahakan Menggunakan Charger Bawaan Xiaomi

Yang bawaan memang sudah terbukti dapat lebih awet dan tidak tentu tidak membuat baterai cepat drop. Charger bawaan brand memang sudah didesain untuk melakukan charger baterai smartphone dengan baik.

Banyak dari pengguna xiaomi yang tidak mengabaikan hal ini, seperti contoh ketika tidak membawa charger bawaan smartphone sehingga meminjam charger hp orang lain. Padahal charger mereka memiliki brand dan tegangan arus berbeda walaupun tipe port charger sama.

Penggunaan charger hp lain sebenarnya tidak terlalu buruk untuk menjaga keawetan baterai. Tetapi  disini yang wajin diperhatikan adalah tegangan arus. Karena kalian harus menggunakan charger yang tegangannya sesuai dengan charger bawaan.

Jadi pastikan ketika charger hp memiliki tegangan 1A kalian meminjam charger teman kalian yang memiliki 1A. Walaupun kalian bisa mencharger dengan 2A tetapi hal ini membuat baterai tidak awet. Dan biasanya hp kalian saat dicharge dengan charger yang memiliki tegangan yang berbeda akan mengalami lambat saat digunakan.

2. Gunakan Charger Original Xiaomi

Selain menggunakan charger bawaan, usahakan kalian melakukan charge dengan charger original. Kualitas charger abal-abal atau kw tidak sebagus charger original. Jadi untuk kalian yang sudah ganti charger hp xiaomi, pastikan terlebih dahulu charger yang kalian gunakan adalah original dan bukan kw.
gunakan charger original salah satu cara charger hp xiaomi yang benar
gunakan charger original salah satu cara charger hp xiaomi yang benar

Untuk membedakan, Miuiku sudah pernah membahas pada artikel cara membedakan charger asli dan palsu. Semoga artikel tersebut dapat menjadi refrensi kalian ketika membeli charger jadi tidak tertipu saat membeli charger xiaomi.

3. Lakukan Charge dengan Menggunakan Charger Bukan dari Laptop/PC

Melakukan charge memang bisa dilakukan dengan mencolokkan kabel USB ke laptop/PC. Namun, disini Miuiku tidak menyarankan hal tersebut. Alasannya karena slot USB di laptop/PC hanya memiliki arus 1/2A.

Jadi walaupun kalian bisa melakukan charge dengan laptop/pc, proses charging akan membutuhkan waktu yang sangat lama.

4. Matikan HP Xiaomi Kalian saat Mau Nge-cas

Salah satu cara charge hp xiaomi yang benar adalah dengan mematikan hp itu sendiri. Karena dengan mematikan hp, maka charging akan lebih cepat karena tidak ada proses sistem yang berjalan. Jadi ponsel benar-benar diistirahatkan untuk dicas.

5. Jangan Charge HP Xiaomi sampai 100%

Banyak pengguna smartphone yang salah tentang mitos bahwa ngecas harus sampai 100%. Padahal jika melakukan charging yang ideal adalah mengisi baterai tidak sampai penuh atau 100% tetapi sekitar 80%-90% saja.

Jadi untuk kalian yang asal main cabut ketika baterai belum sampai 100% tidak usah khawatir baterai akan cepat rusak. Justru itulah yang benar karena mengisi baterai sampai penuh akan mengurangi umur baterai.

6. Lakukan Charge sebelum Baterai Habis

Urutan keenam cara charger xiaomi yang benar selanjutnya adalah melakukan charge sebelum baterai hp benar-benar habis. Dimana artinya kalian harus melakukan proses charge saat baterai sekitar 20% sampai 30% dan itulah saat yang tepat melakukan proses charge.

Usahakan melakukan charge disaat baterai sudah berada di 10% kebawah. Karena hal tersebut dapat mengurangi umur baterai xiaomi. 

7. Mengurangi Kecerahan Layar HP Xiaomi

Saat melakukan charge hp xiaomi, sebaiknya kalian mengurangi kecerahan layar hp. Karena faktor utama yang membuat baterai cepat habis adalah kecerahan layar. 
mengatur kecerahan layar saat charger hp xiaomi
mengatur kecerahan layar saat charger hp xiaomi

Oleh karena itu, agar proses charge tidak terganggu silahkan kalian kurangi kecerahan layar hp xiaomi.

8. Matikan HP Xiaomi saat Melakukan Charge

Mematikan ponsel saat proses charge adalah salah satu charge yang benar. Karena dengan mematikan hp, berarti hp kalian hanya diperuntukkan untuk pengisian baterai. Dan hal ini akan membuat baterai cepat penuh.

9. Aktifkan Mode Pesawat saat Charge

Kenapa mengaktifkan mode pesawat saat ngecas membuat baterai lebih awet. Alasannya adalah smartphone akan berusaha menangkap sinyal dari operator agar terhubung dan dapat digunakan untuk melakukan komunikasi.
mode pesawat xiaomi
mode pesawat xiaomi
Dan problemnya, di Indonesia sendiri tidak semua sinyal dari operator stabil. Apalagi saat ini di Indonesia sudah masuk sinyal 4G tapi masih daerah yang tercover sinyal 4G. Akhirnya smartphone akan terus menerus untuk menstabilkan sinyal. Hal ini akan membuat daya baterai cepat sekali terkuras.

10. Jangan Bermain Game saat Charge HP Xiaomi

Salah satu kesalahan para pengguna smartphone adalah bermain game saat hp dicharge. Hal ini sudah menjadi kebiasaan buruk dan berkelanjutan. Apalagi disaat sekarang mobile gaming seperti mobile legend, pubg, freefire yang sedang menjadi trend di Indonesia.

Hal ini akan membuat hp menjadi panas, proses pengisian baterai pun tidak akan maksimal. Karena daya yang masuk belum tentu sama dengan daya yang keluar. Jadi berpikirlah dua kali ya. Selain itu, kalian pasti tidak nyamankan nge-game karena kabel USB dicolokkan.

11. Melepas Casing HP Xiaomi

Ada beberapa tipe xiaomi yang ketika dicas menjadi hangat. Hal ini dikarenakan udara panas yang terhambat keluar pada saat pengisian. Jadi alangkah baiknya kalian melepas casing saat melakukan charge.
melepas casing xiaomi saat dicas
melepas casing xiaomi saat dicas
Untuk smartphone modern saat ini mungkin sudah tidak relevan karena saat ini smartphone sudah didesain sedemikian rupa untuk mengatur pembuangan udara panas. Tapi jika smartphone kalian panas saat dicas, mungkin ada baiknya kalian melepas casing saat nge-cas.

12. Melakukan Charge HP Xiaomi Semalamam

Banyak orang berpikiran untuk melakukan proses charge pada malam hari dan di pagi hari baterai sudah penuh dan tinggal digunakan. Hal ini sangat berbahaya ketika dulu, smartphone belu memiliki pemutus arus otomatis saat daya sudah penuh.

Tapi saat ini banyak smartphone yang sudah dilengkapi dengan fitur pemutus arus otomatis. Jadi tidak perlu khawatir meninggalkan hp dicas saat tidur. Namun, disini Miuiku menyarankan kalian melakukan proses charge di pagi hari. Disaat jam 4 pagi, kalian bangun sebentar untuk melakukan charge dan di pagi hari jam 6/7 pagi baterai sudah penuh.

13. Gunakan Baterai Original Xiaomi

Proses charge yang benar ditujukan untuk menjaga keawetan baterai. Dan penggunaan baterai abal-abal atau kw dapat berdampat negatif terdapat smartphone. Bisa saja, jika kalian menggunakan baterai kw maka proses charge agak lama dibanding baterai bawaan. 
gunakan baterai asli xiaomi
gunakan baterai asli xiaomi
Jadi usahakan kalian menggunakan baterai original, dan untuk kalian ingin ganti baterai silahkan baca cara membedakan baterai xiaomi asli dan palsu. Semoga tips tersebut dapat membantu kalian membedakan baterai original dan kw.


Demikian adalah beberapa 11 tips cara charge hp xiaomi yang benar. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat untuk MiFans dan jangan lupa untuk klik tombol share dibawah untuk membagikan artikel di media sosial. Sekian dari kami dan terima kasih, samai jumpa di artikel selanjutnya.
Loading...

Belum ada Komentar untuk "13 Cara Charge HP Xiaomi yang Benar "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel